Jayapura (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) secara tergabung menggelar pasar murah yang dipusatkan di Lapangan Trikora Abepura, Kota Jayapura, Papua menjelang peringatan HUT ke-78 TNI pada 2023.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan  di Jayapura, Senin, mengatakan penyelenggaraan pasar murah yang disertai dengan keberadaan dapur umum tersebut akan berlangsung hingga Rabu (27/9). 

"Pasar murah dilaksanakan untuk membantu masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan karena harganya relatif lebih murah dari pasar," katanya. 

Menurut Pangdam Izak, kegiatan serupa juga dilaksanakan di jajaran korem pada wilayah Kodam XVII/Cenderawasih. 

"Ke depan, pihaknya akan lebih banyak menampilkan produk lokal termasuk beras dan buah-buahan di pasar murah yang digelar," ujarnya. 

Dia menjelaskan selama kegiatan pasar murah, khusus dari TNI AD yakni Korem 172/PWY menyiapkan 1.000 paket makanan siap santap. 

"Sebelumnya, sejumlah kegiatan sudah dilaksanakan seperti donor darah dan olahraga bersama," katanya lagi. 

Dia menambahkan bahkan kini, Komando Resor Militer 174/Anim Ti Waninggap atau Korem 174/ATW  sedang mengembangkan padi varitas baru yang cocok ditanam di kawasan seperti Kabupaten Merauke sehingga ke depan hasilnya akan maksimal. 

"Selain beras kami juga akan menggalakkan tanaman kedelai di Wamena agar nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengrajin tempe dan tahu di wilayah tersebut sehingga masyarakat tidak lagi mendatangkan dari luar Wamena," ujarnya lagi.


Baca juga: Pangdam Cenderawasih tinjau lokasi perayaan HUT TNI di Merauke

Baca juga: Syukuran HUT ke-78 RI Satgas Yonif R 631/Atg bakar baru di Jila

 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024