Sentani (ANTARA) -
Sebanyak 48 warga penerima manfaat memperoleh bantuan benih ikan, pakan, dan jaring dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Jumat (13/10).
 
Benih ikan yang berikan kepada warga di tujuh kampung sebanyak 48 ribu ekor, pakan setiap orang berhak menerima tujuh karung dengan isi masing-masing 50 kg dan jaring sebanyak 48 buah.
 
Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Jumat, mengharapkan masyarakat mampu mengelola bantuan tersebut dengan baik sehingga akan membawa kesejahteraan bagi keluarga.
 
“Tentu ini wujud nyata dari pemerintah dalam mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat guna menunjang pendapatan keluarga yang lebih baik,” katanya.
 
Menurutnya, masyarakat harus tekun dan serius dalam mengelola usaha perikanan ikan air tawar sehingga membantu kebutuhan sehari-hari.
 
“Pasaran saya pikir tidak susah, petani ikan hanya fokus membesarkan dengan serius karena benih, pakan, dan jaring, sudah diberikan  pemerintah,” ujarnya.
 
Selain diberikan benih dan pakan, tetapi warga atau nelayan juga diberikan peralatan untuk menangkap ikan.
 
“Masyarakat bisa gunakan jaring untuk menangkap ikan, kemudian dibawa ke pasar dijual. Uangnya bisa dipergunakan untuk biaya anak sekolah dan kebutuhan sehari-hari,” katanya.
 
Sementara itu Kepala Distrik Sentani Timur Esli Suangburaro mengharapkan bantuan ini dapat dimaksimalkan dengan baik untuk menjadi sumber pendapatan bagi keluarga.
 
“Kami berharap masyarakat yang dapat bantuan ini dari tujuh kampung dapat terus berkembang dan mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk biaya anak sekolah,” ujarnya.
 
Setelah pemberian benih, pakan, dan jaring, Pj Bupati Jayapura Triwarno ditemani Kepala Distrik Sentani Timur Esli Suangburaro langsung menabur ikan ke salah satu keramba milik masyarakat Orang Asli Papua (OAP) di Danau Sentani.
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024