Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Mobile Yonif 300/Siliwangi mengerahkan 33 prajurit untuk mengajar siswa di berbagai sekolah selama penugasan di tanah Papua.

Dansatgas Mobile Raider 300/Bjw Letkol Inf Afri Swandi Ritonga kepada ANTARA, Kamis, mengatakan para prajurit yang mengajar itu telah dilatih selama satu setengah bulan di Dinas Pendidikan Cianjur, Jawa Barat.

"Sebelum penugasan, para prajurit telah dilatih di Dinas Pendidikan Cianjur terkait cara mengajar dan lainnya sehingga saat mereka mengajar sudah memiliki bekal," katanya..

Kegiatan mengajar dilakukan di sela-sela tugas utama mengamankan wilayah penugasan berlokasi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, katanya.

Batalyon 300/Bjw yang berada di bawah Kodam III/Siliwangi itu berupaya ikut mencerdaskan anak-anak di daerah penugasan agar nantinya mereka menjadi generasi muda hebat walaupun di tengah keterbatasan.

Apalagi ada pepatah "carilah ilmu sampai ke negeri China" yang menyatakan bahwa pendidikan itu sangat penting, kata dia.

Dengan keterlibatan prajurit dalam kegiatan belajar, ujarnya, dapat memberikan motivasi kepada mereka, apalagi jumlah guru yang bertugas di wilayah itu terbatas.

"Keterbatasan yang dialami para pelajar, selain jumlah guru, ada beberapa faktor lain seperti buku pelajaran." kata dia.

Wilayah tugas Yonif 300/Bjw meliputi Distrik Ilaga, Home, Ilaga Utara, Sinak, dan Distrik Beoga.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024