Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat melakukan perbaikan infrastruktur jalan dalam kota sepanjang empat kilometer untuk mendukung kelancaran akses tempat acara Sail Teluk Cenderawasih (STC) pada November 2023.

"Perbaikan jalan di Kota Biak sedang dalam proses pekerjaan oleh pihak kontraktor terutama akses jalan di tempat kegiatan STC," kata Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap menanggapi pembangunan infrastruktur jelang STC, di Biak, Senin.

Herry mengakui, adanya pengaspalan jalan telah menjadi program pemda untuk menunjang sektor pariwisata dan kemaritiman yang dimiliki Kabupaten Biak Numfor sebagai pintu masuk pariwisata di Papua.

Menurutnya, hingga saat ini penyelesaian perbaikan jalan masih terus dikerjakan sesuai batas waktu kalender kerja.

"Untuk sumber dana perbaikan jalan berasal dari dana pusat APBN dan DTI Otsus Papua tahun 2023 dengan besaran bervariasi disesuaikan kebutuhan," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Biak ketika dikonfirmasi Frans Watimena mengatakan, penyelesaian perbaikan jalan dalam Kota Biak masih berlangsung sedang dikerjakan kontraktor rekanan pelaksana setempat.

"Sampai saat ini perbaikan pengaspalan jalan masih berlangsung," katanya pula.

Berdasarkan data proyek perbaikan jalan di beberapa lokasi diperoleh, menunjukkan durasi waktu lama penyelesaian pekerjaan berkisar dari 90 hari kerja hingga 103 hari sesuai dengan kontrak kerja proyek.

Pantauan di beberapa ruas jalan yang diperbaiki, di antaranya Jalan Sisingamangaraja hingga jalan menuju lokasi STC Pantai Samau, Kampung Baru, Yafdas dan Bonmamor/Bibit Unggul hingga Inggiri.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024