Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyebu pertanian digital (I-PADI) merupakan program inovasi andal di bidang pertanian yang cetuskan dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) daerah setempat.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay di Sentani, Selasa, mengatakan I-PADI juga masuk dalam program pengendalian inflasi di daerah setempat.

“Salah satu roadmap (rencana strategis) pengendalian inflasi di Kabupaten Jayapura adalah pengembangan internet of things (IoT) di bidang pertanian,” katanya.

Menurut Delila, program I-PADI sangat bagus sekali sehingga pada tahun depan program ini bisa dimasukan dalam IoT Pemkab Jayapura sehingga pertanian digitalnya bisa dikembangkan.

“Ini juga sebagai motivasi kepada kepala dinas yang lain untuk berlomba-lomba membuat inovasi terbaru guna mendukung program dan tupoksinya di organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing,” ujarnya.

Delila menjelaskan harus ada kerja sama antara diskominfo dan dinas tanaman pangan dan hortikultura di daerah ini sehingga program ini bersinergi dengan OPD teknis.

“Kita harus berpacu dengan perkembangan teknologi, dunia sudah maju tidak bisa kita kerja menggunakan peralatan manual terus, tetapi harus mengikuti kemajuan zaman,” katanya.

Dia menambahkan apalagi jaringan internet sudah dipasang oleh Diskominfo hingga ke pelosok Kabupaten Jayapura sehingga masyarakat bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan semua sektor termasuk pertanian.

“Apalagi masyarakat kita di kampung-kampung lebih banyak bergerak di sektor pertanian sehingga teknologi terbaru seperti ini sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay memakili Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo membuka Sosialisasi dan Pelatihan Internet of Things (IoT) Pertanian Digital (I-PADI) di Kabupaen Jayapura, Selasa (24/10) 2023 di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura.



 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024