Sentani (ANTARA) - Aksi Muda Jaga Iklim (AMJI) Papua gerebek sampah di Kawasan Teluk Youtefa untuk membantu pemerintah daerah mempercantik Kota Jayapura.

Penanggung jawab AMJI Kota Jayapura Simon Baru di Kota Jayapura, Sabtu mengatakan kegiatan gerebek sampah ini merupakan bagian dari memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun ini.

"Kami anak-anak muda gabungan dari seluruh Indonesia dengan waktu bersamaan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda dengan gerebek sampah di 350 titik," katanya.

Menurut Simon, kegiatan gerebek sampah dilakukan di 11 titik di Papua, di mana aksi tersebut di Kota Jayapura ada 10 titik dan Kabupaten Jayapura ada satu titik.

"Ini adalah wujud bakti anak-anak muda Papua dan Indonesia secara umum dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini dengan gerakan sosial membersihkan lingkungan," ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini di Indonesia sedang mengalami musim kemarau sehingga AMJI sebagai gerakan sosial sedang berupaya melakukan satu tindakan kemanusiaan salah satunya membersihkan permukaan bumi dari sampah.

"Kami mengajak anak-anak muda untuk peduli dengan kondisi lingkungan karena alam adalah kita, dan kita adalah alam," katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura Alex Deu menyampaikan terima kasih kepada anak-anak muda yang tergabung dalam AMJI yang melakukan kegiatan sosial tersebut.

"Aksi dari duta-duta lingkungan ini patut dicontoh oleh generasi muda di Kota Jayapura sehingga sejak dini memberikan pengetahuan untuk menjaga lingkungan untuk tetap bersih dari sampah," ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024