Biak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua sudah menetapkan sebanyak 484 tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilu serentak 14 Februari 2024.

"Dari 484 TPS di Kabupaten untuk pemilu tersebar pada 19 panitia pemilihan Distrik/kecamatan serta 268 kampung/kelurahan," ujar Divisi Program Data dan Informasi KPU Biak Numfor Melkianus Y. Rumbrawer  di Biak, Rabu.

Saat ini, ia menjelaskan tahapan pemilu yang dilaksanakan KPU adalah membuka layanan pendataan daftar pemilih tambahan (DPTb) hingga 8 Februari 2024.

"Tahapan DPTb ini merupakan pemilih yang telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) di suatu tempat pemungutan suara (TPS) yang karena keadaan tertentu tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS asal," katanya.

Pemilih yang akan melakukan pindah memilih, lanjut Rumbrawer, untuk dapat datang mengurus surat administrasi ke KPU Kabupaten Biak Numfor atau PPS di wilayah asal maupun daerah tujuan.

Rumbrawer mengharapkan, bagi pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di TPS asal tetapi ingin memilih di TPS lain pada hari pemungutan suara 14 Februari 2024 dapat mengajukan pindah memilih sesuai dengan syarat ketentuan berlaku.

"Pindah memilih karena alasan tertentu pemilih dengan cara melapor ke PPS, PPK, atau KPU Kabupaten/Kota," kata Rumbrawer.

Menurut Rumbrawer, pemilih dapat mengurus dokumen pindah memilih selambat-lambatnya 30 hari sebelum pemungutan suara atau 15 Januari 2024.

Ia mengatakan, hingga saat ini daftar pemilih tetap untuk pemilu serentak di Kabupaten Biak Numfor terdata sebanyak 101.536 pemilih.

Berdasarkan jenis kelamin, untuk pemilih laki-laki sebanyak 50.223 orang dan perempuan 51.313 orang.

"Untuk pemilih yang telah masuk dalam data pemilih pada pemilu diharapkan dapat menggunakan hak suaranya di pemilu 14 Februari 2024," katanya.

Hingga, Rabu (1/11) tahapan pemilu serentak di Kabupaten Biak Numfor masih membuka layanan data pindah memilih terhadap pemilih tetap Pemilu 2024.

Sedangkan untuk tahapan pemilu 4 November 2023 akan diumumkan daftar calon tetap pemilu untuk DPRD Kabupaten Biak Numfor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024