Timika (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, telah menetapkan 557 nama masuk dalam daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif pada Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Mimika 2024.

Ketua KPU Kabupaten Mimika Laurens Minipko melalui pesan singkat kepada ANTARA di Timika, Sabtu, menyebutkan DCT tersebut terbagi atas 357 pria dan keterwakilan perempuan sebanyak 200 orang.

"Jadi, dari setiap partai politik (parpol) telah memberi ruang terhadap keterwakilan perempuan di dalamnya," katanya.

Menurut Laurens, penetapan DCT anggota DPRD setempat dan daftar pemilih tambahan (DPTb) menjadi tahapan yang sangat krusial.

"Terkait dengan DCT, semua verifikasi sudah dilakukan oleh KPU terhadap daftar calon. Yang tidak memenuhi syarat terutama harus memperbaiki status seperti aparatur sipil negara (ASN) dan kepala kampung telah diperbaiki semuanya," ujarnya.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Elisabeth Rahawarin menyebutkan total calon anggota legislatif (caleg) yang mendaftar sebanyak 575 orang. Akan tetapi, yang memenuhi syarat dan masuk DCT sebanyak 557 orang.

"Kami telah bertemu dengan parpol untuk validasi surat suara, kemudian finalisasinya pada tanggal 5 November 2023," katanya.

Pada hari Jumat (3/11) KPU Kabupaten Mimika menetapkan DCT anggota DPRD setempat, kemudian mengumumkannya pada hari Sabtu (4/11) melalui media.

"Tahapan selanjutnya adalah sosialisasi zona alat peraga kampanye (APK), kami menunggu surat dari pemerintah untuk itu," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024