Jayapura (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk meminta masyarakat menggunakan produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal guna menggerakkan roda perekonomian daerah.

“Dengan membeli produk-produk buatan UMKM lokal akan membantu pelaku usaha untuk berdaya saing dan menggerakkan roda perekonomian Provinsi Papua Tengah,” kata Ribka Haluk dalam keterangannya di Jayapura, Papua pada Rabu.

Menurut Ribka, seiring perkembangan teknologi, era globalisasi maka strategi merupakan kunci penting dalam mendorong UMKM terus berkembang salah satunya dengan menciptakan inovasi agar masyarakat tertarik dengan produk tersebut.

”Untuk itu inovasi produk harus terus dilakukan untuk tetap meraih pasar dan mampu memenuhi kebutuhan pasar,” ujarnya.

Dia menjelaskan melalui pekan UMKM Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-77 yang diselenggarakan di Kabupaten Nabire pada Selasa 7 November merupakan kedaulatan dan simbol kebanggaan bersama dalam mewujudkan pelaku UMKM yang kreatif serta cerdas.

”Untuk itu kami mengajak masyarakat agar terus tumbuhkan rasa bangga dan cinta dengan memakai produk-produk UMKM lokal yang tidak kalah dengan produk-produk negara lain,” katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua Moudy Hermawan mengatakan, pihaknya terus berkontribusi aktif dalam pemberdayaan ekonomi lokal, khususnya UMKM sebagai bentuk nyata komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Salah satunya melalui Pekan UMKM HORI Ke-77.

“Pekan UMKM di Nabire merupakan agenda penutup Pekan UMKM HORI Ke-77 Tahun 2023 yang telah dilaksanakan di beberapa tempat mulai dari Universitas Yapis Papua dan Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura pada bulan Oktober 2023,” katanya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024