Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyebutkan bantuan 48.000 ekor ikan nila kepada masyarakat tujuh kampung di Distrik Sentani Timur dapat meningkatkan ekonomi warga setempat.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, di Sentani, Jumat, mengatakan bantuan tersebut harus dapat bermanfaat bagi warga di tujuh kampung pada Distrik Sentani Timur tersebut.

“Meski ada tantangan, tetapi program pemerintah harus ada dampak positif kepada masyarakat,” kata Triwarno Purnomo, di Sentani, Jumat.

Menurutnya, manfaat dari bantuan dan program kerja dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) tidak hanya dirasakan oleh satu keluarga, tetapi seluruh warga di kampung tersebut.

“Contohnya bantuan ikan nila ketika diberikan pemerintah harus masyarakat dapat mengelolanya dengan baik, sehingga meningkatkan ekonomi mereka, dan kalau ada bantuan serupa lagi dapat bertambah pemasukan ekonominya,” ujarnya pula.

Dia menjelaskan kondisi yang harus dipupuk terus, yakni sikap kerja keras dan semangat dari masyarakat dalam mengembangkan berbagai usaha di kampung.

“Bantuan itu harus dikembangkan, tidak boleh berpikir kerja seenaknya karena nanti dapat bantuan lagi, itu salah tetapi kembangkan terus hingga dapat bantuan selanjutnya maka usaha kita terus meningkat,” katanya lagi.

Ia menambahkan, pemerintah sudah berpikir sedemikian rupa untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di 139 kampung, lima kelurahan, dan 19 distrik di daerah ini.

“Jadi upaya yang dilakukan pemerintah harus diikuti atau didukung oleh masyarakat, sehingga semua dapat berjalan sesuai harapan,” ujarnya pula.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024