Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyebut pameran karya siswa 37 sekolah merupakan bukti nyata keberhasilan inovasi pembelajaran satuan pendidikan di daerah setempat.

"Karya inovasi pendidikan yang dipamerkan siswa di antaranya pengelolaan limbah sampah menjadi bahan pembelajaran serta beragam hiasan rumah tangga," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Kamaruddin seusai membuka pameran panen raya karya dan semiloka pendidikan hari guru nasional di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan dengan beragam inovasi karya pendidikan yang dihasilkan sekolah berarti guru dan siswa di Biak Numfor ikut mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan.

Jajaran Dinas Pendidikan Biak, menurut Kamaruddin, terus memberikan pendampingan untuk setiap satuan pendidikan dapat menciptakan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lokal di lingkungan sekolah.

Pada kegiatan pameran panen raya karya pendidikan menyambut hari guru nasional, menurut Kamaruddin, telah membuka potensi ekonomi setiap sekolah memperlihatkan berbagai hasil karya pembelajaran inovasi pendidikan.

"Dinas Pendidikan memberikan apresiasi ide kreatif dari komunitas guru dan sekolah penggerak yang sudah menggelar kegiatan panen raya karya satuan pendidikan sebagai ajang pameran hasil inovasi pembelajaran siswa," kata Kamaruddin.

Sementara, Ketua panitia penyelenggara semiloka dan panen raya karya Mulyani M.Pd mengharapkan siswa dan guru di sekolah terus berinovasi untuk menciptakan karya pembelajaran mewujudkan visi misi Biak religius berkarakter dan berbudaya.

Tujuan lain dari kegiatan panen raya karya pendidikan, menurut Mulyani, sebagai pelaksanaan konsep merdeka belajar siswa dan guru untuk berinovasi di era teknologi digital.

Ia menyebutkan 37 sekolah satuan pendidikan dari TK, SD, SMP dan SMA/SMK mengikuti pameran panen raya karya pendidikan dalam rangka Sail Teluk Cendrawasih dan Hari Guru Nasional 2023.

"Panitia penyelenggara bersama dinas pendidikan, komunitas guru penggerak, para kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas dukungannya menyukseskan acara semiloka dan pameran panen raya karya pendidikan," katanya.

Kepala Sekolah SMP YPK 1 Carla Yensenem S.Pd mengakui sanggat bangga sekolahnya bisa mengikuti ajang pameran karya pendidikan siswa dan guru menyambut hari guru nasional 2023.

"Sebagai sekolah Adiwiyata SMP YPK 1, para siswa dan guru terus berinovasi memanfaatkan potensi lokal meningkatkan mutu pendidikan," kata alumni pendidikan Bahasa Inggris Uncen Jayapura itu.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024