Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua memastikan tenaga kesehatan di 22 puskesmas yang tersebar di 19 distrik daerah setempat keamanannya terjamin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie di Sentani, Senin, mengatakan keterlibatan TNI-Polri dalam mendukung tugas-tugas pelayanan kesehatan sangat masih sangat dibutuhkan.

“Papua kalau saya boleh jujur tingkat keamanannya masih jauh terjaga baik dibandingkan Papua Pegunungan maupun Papua Tengah,” katanya.

Menurut Khairul, masyarakat Kabupaten Jayapura memiliki rasa kasih yang besar terhadap petugas pemerintah khususnya kesehatan.

“Dukungan masyarakat yang besar di Kabupaten Jayapura begitu besar sehingga pelayanan kesehatan bisa maksimal ke 139 kampung dan lima kelurahan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk mendatangkan nakes hingga ke kampung-kampung itu bukan sesuatu yang mudah perlu dukungan semua pihak terutama masyarakat setempat.

“Kita harus memikirkan anggaran, infrastruktur bagi nakes supaya betah tinggal di kampung, itu kita memikirkannya dengan susah payah maka dukungan masyarakat sangat penting sekali,” katanya.

Dia menambahkan, semua rencana dan program pelayanan kesehatan bisa tercapai asalkan keamanan dapat terjaga dengan baik.

“Keamanan itu siapa, ya masyarakat setempat yang bisa melindungi nakes sehingga pelayanan kesehatan dapat berjalan baik,” ujarnya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024