Sentani (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menyatakan pengiriman surat suara calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) serta DPD RI ke Papua mulai dikirim pada 16 Desember 2023.

Ketua KPU Papua Steve Dumbon di Sentani, Senin mengatakan surat suara yang sudah mulai dicetak yakni capres-cawapres dan DPD RI.

“Pengiriman akan dilakukan lewat Surabaya melalui jalur laut dan sampai di Papua sekitar 21-22 Desember 2023,” katanya.

Menurut Dumbon, pengiriman surat suara ke Papua akan menggunakan kapal laut.

“KPU pusat sudah menggunakan jasa ekspedisi Jakarta untuk mendistribusikan surat suara ke daerah luar Jawa khususnya Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk surat suara DPR RI, DPRD provinsi, kabupaten, kota proses pencetakannya akan dimulai pada 12 Desember 2023.

“Proses pencetakannya dilakukan di Jombang, Jawa Timur dan diharapkan awal Januari 2024 surat suara maupun logistik pemilu sudah harus ada di Papua,” katanya.

Dia menambahkan setelah surat suara dan logistik pemilu tiba di Papua, langsung didistribusikan ke gudang KPU Kabupaten/Kota di Papua.

KPU Papua telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2024 sebanyak 727.835 orang, akan ditambah dengan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang sementara  dilakukan pendataan.




 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024