Biak (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak kalangan warga setempat untuk bisa mengurangi limbah sampah dengan cara melakukan pemilahan sampah dimulai dari rumah.

"Pemilahan sampah di rumah dengan konsep 3R, yakni reuse atau penggunaan kembali sampah, reduce (mengurangi) dan recyle yakni daur ulang sampah menjadi produk barang bermanfaat," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor Iwan Ismulyanto di Biak, Selasa.

Diakuinya, prinsip 3R cara efektif untuk kelola sampah di lingkungan rumah tangga bertujuan mengurangi jumlah sampah sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Iwan berharap, sistem pengelolaan sampah di rumah dengan cara memisahkan sampah sesuai jenisnya.

Sedangkan cara lain dalam memanfaatkan sampah, lanjut Iwan, dapat membuat pupuk organik, membersihkan sampah hingga daur ulang pada sampah anorganik.

"Menerapkan sistem 3R mengelola limbah sampah agar terciptanya lingkungan yang sehat dan bebas dari sampah," ujarnya.

Contoh sederhana pemilahan lain sampah, menurut Iwan, pilih produk dan kemasan yang dapat terurai untuk di daur ulang kembali.

Upaya lain kurangi sampah rumah tangga di Biak, yakni olah sampah menjadi kertas atau karton dan lakukan pengolahan sampah non-organik menjadi barang bermanfaat.

"Ya kami terus mengedukasi warga Biak untuk tetap melakukan pilah sampah supaya bernilai ekonomis," sebutnya.

Berdasarkan data DLH untuk pembuangan sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir sampai mencapai sekitar 40 ton hingga 60 ton/hari.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024