Jayapura (ANTARA) -
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat menyiagakan 1.013 personel guna mengamankan pasokan listrik menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono di Jayapura, Kamis, mengatakan personel tersebut terdiri dari 316 pegawai PLN, 665 petugas pelayanan teknik, 32 petugas Command Center dan 3 grup Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di seluruh wilayah kerja PLN UIW Papua dan Papua Barat.
 
“Selain itu juga kami menyiapkan 60 posko yang tersebar di seluruh unit pelaksana,” katanya.
 
Menurut Budiono, para petugas tersebut telah di siagakan sejak 15 Desember hingga 8 Januari 2024 hal ini dilakukan untuk memastikan agar suplai listrik terus andal dan petugas di lapangan dapat cepat merespon apabila terjadi gangguan.
 
“Sekitar 80 titik pada keenam provinsi di tanah Papua ini menjadi prioritas pengamanan kelistrikan PLN yaitu tempat ibadah,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan dalam menjaga keandalan pasokan listrik, PLN juga sebelumnya telah melakukan berbagai persiapan diantaranya dengan melaksanakan apel gelar pasukan di setiap Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), inspeksi penyulang serta memastikan pasokan bahan bakar cukup.

“Selain itu penyisiran jaringan dan pemangkasan dahan-dahan dilakukan sebagai langkah mitigasi gangguan yang berasal dari lingkungan sekitar,” katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya akan berupaya maksimal untuk memastikan pasokan listrik kepada pelanggan tetap aman sehingga masyarakat momen kali ini bisa dilalui dengan khidmat dan sukacita.
 
“Jika nantinya ada gangguan yang tidak dapat dihindari, pelanggan dapat segera melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center PLN 123,” ujarnya lagi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024