Sentani (ANTARA) - Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura Kementerian Sosial RI menyerahkan 1.000 paket bantuan ke warga Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Jayapura John H Mampioper dalam keterangannya di Jayapura, Minggu, mengatakan bantuan yang diberikan ini dari Kementerian Sosial RI kepada pengungsi akibat kerusuhan yang terjadi di Kampung Karya Bumi, Besum pada Senin 1 Januari 2024.

“Kami berikan makanan siap saji 1.000 paket, makanan anak 320 paket, family kit 20 paket, pempers bayi 84 paket,” katanya.

Menurut Mampioper, dukungan yang diberikan ini karena awalnya ada permintaan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Sosial Jayapura .

“Tim kami turun beberapa waktu lalu mendata jumlah pengungsi dan keperluan apa yang mereka butuhkan saat ini, setelah semuanya rampung maka langsung disiapkan semua kebutuhan bagi mereka,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah pengungsi sesuai data di lapangan 876 berhak menerima paket bahan pokok yang diberikan Kemensos RI.

“Bantuan bapok (bahan pokok) setiap keluarga menerima sembilan paket yakni beras 5 kg, minyak goreng 1 botol, susu 2 kaleng, biskuit 2 pax, kecap 1 botol, saos 1 botol, telur 1 cap,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga memberikan bapok untuk dapur umum yaitu beras 15 kg 30 karung, minyak goreng 48 liter, telur 60 rak, ikan kaleng 25 dus (240 grm).

“Kami juga berikan bantuan barang logistik seperti shower kit 894 paket, pakaian dalam pria 300 set, pakaian dalam wanita 356 set, olahraga training pria 300 stel, olahraga training wanita 356 stel, daster 356 potong,” ujarnya.

Dia berharap, bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI bisa bermanfaat untuk warga Kampung Karya Bumi Besum.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024