Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menyatakan infrastruktur telekomunikasi sangat penting guna mempercepat proses pembangunan wilayah pedalaman dan pesisir di daerah tersebut.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika Yohana Paliling melalui pesan singkat kepada ANTARA di Timika, Jumat, mengatakan,  guna mempermudah proses pembangunan pada wilayah pedalaman dan pesisir maka pemerintah setempat telah membangun 17 unit Base Transceiver Station (BTS).

"Untuk kondisi eksisting telah dibangun BTS wilayah pesisir barat sebanyak 13 unit dan wilayah timur ada empat unit jadi totalnya 17 unit," katanya.

Menurut Yohana, pemerintah juga membangun Very Small Aperture Terminal (VSAT) di wilayah pedalaman, yakni Distrik Agimuga, Kita, Amar dan Mimika Barat Jauh.

"Pemerintah juga membangun kampung digital di Distrik Mimika Barat tepatnya di Kampung Kokonao, untuk sampai ke wilayah ini harus menyeberang lautan," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk enam distrik pada wilayah perkotaan semuanya telah mendapatkan akses telekomunikasi yang terjangkau dengan baik.

"Infrastruktur telekomunikasi sangat penting karena dapat meningkatkan koneksi dan akses pelayanan kesehatan, pendidikan serta ekonomi masyarakat," katanya lagi.

Dia menambahkan Pemerintah Kabupaten Mimika menargetkan dalam kurun waktu dua tahun ke depan semua distrik wilayah pedalaman dan pesisir mendapat akses telekomunikasi.

"Akses telekomunikasi sangat penting bagi masyarakat sehingga pembangunannya tidak hanya pada wilayah perkotaan saja tetapi juga hingga ke pedalaman juga pesisir," ujarnya lagi.
 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024