Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Disdikbud) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut ketersediaan sarana usaha kesehatan sekolah (UKS) taman kanak-kanak di daerah itu untuk mengajarkan anak berperilaku hidup sehat dan bersih sejak dini.

"UKS juga untuk meningkatkan mutu prestasi belajar anak dan derajat kesehatan anak menciptakan lingkungan yang sehat," ujar Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Dinas Dikbud Biak Numfor Endang Suhendi di Biak, Senin.

Ia menyebut dari 19 TK di Biak hingga 2024 yang sudah mempunyai UKS terdapat tiga sekolah, yakni TK Hangtuah Lanal, TK Bhayangkari Polres, dan TK ABA Aisyiyah Muhammadiyah.

Ia menyebut TK lainnya hingga saat ini belum tersedia fasilitas ruang UKS.

Endang mengatakan untuk menghadapi Indonesia emas 2045 maka siswa TK di Biak perlu dibekali dengan kehidupan sehat, bersih, dan cerdas melalui pembinaan dalam program UKS.

Ia mengatakan tujuan UKS untuk menerapkan tri program, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

"Peran penting UKS TK menjadi tempat pembelajaran anak terhadap kebersihan diri dan menjaga lingkungan yang sehat bersih," katanya.

Dia berharap, satuan pendidikan TK yang belum memiliki fasilitas UKS dapat mengupayakan secara mandiri dengan menyediakan ruangan khusus tempat siswa beristirahat saat dalam keadaan sakit di lingkungan sekolah.

"Untuk ruang UKS yang sudah ada di TK dilengkapi dengan obat-obatan, P3K, tempat tidur dan ruangan didesain agar anak merasa nyaman untuk beristirahat," kata Endang.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024