Jayapura (ANTARA) - Asosiasi Futsal Kota Jayapura, Papua, mengatakan kursus pelatih level satu nasional dan wasit level II daerah untuk menjawab kebutuhan dari masyarakat di daerah itu khususnya yang menggeluti olahraga futsal.

Ketua Asosiasi Futsal Kota Jayapura Matias Mano di Jayapura, Senin, mengatakan kursus tersebut juga tersebut untuk meningkatkan kapasitas wasit dan pelatih sehingga ke depan dapat menciptakan permainan yang berkualitas.

"Karena tujuan kursus itu ialah kami ingin mendapatkan permainan yang berkualitas itu yang utama," katanya.

Menurut Mano, setelah pihaknya mendapatkan pelatih dan wasit yang berlisensi maka diharapkan ke depan semua pertandingan futsal di Kota Jayapura juga Papua semua tim harus menggunakan pelatih yang berlisensi.

"Begitu juga dengan wasit yang memimpin pertandingan sudah memiliki lisensi supaya pertandingan tersebut bisa bermutu dan berkualitas," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap semua pelatihan yang telah mengantongi lisensi nasional dapat menciptakan pemain futsal yang handal di Kota Jayapura dan juga para wasit dapat memimpin pertandingan bukan hanya di Papua tetapi di level nasional.

"Kami juga meminta supaya pelatih dan wasit ke depan, ketika melatih tim atau memimpin pertandingan dapat mempraktikkan apa yang telah didapat selama mengikuti kursus," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap agar, baik pelatih maupun wasit, dapat memanfaatkan setiap pertandingan untuk menambah pengalaman untuk meningkatkan kualitas.

Kursus pelatih futsal level satu nasional dan wasit level dua daerah berlangsung di Kota Jayapura pada 16-20 Januari 2024.*

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024