Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, akan melakukan uji coba pengoperasian tempat pembuangan akhir (TPA) Waibron, Distrik Sentani Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Rabu, mengatakan TPA Waibron sudah bisa dioperasikan, tetapi sementara masih diujicobakan.

“Kami mau mengukur jarak dan melihat seperti apa kalau truk memuat sampah ke TPA Waibron, sehingga ke depan apa yang harus dilakukan supaya prosesnya tetap berjalan baik,” katanya.

Menurut dia, kalau soal bahan bakar minyak (BBM) untuk truk pengangkut sampah dari Sentani hingga ke TPA Waibron pulang dan pergi (pp) mencukupi cukup.

“Soal BBM tidak ada masalah, yang jadi hambatan jalan menuju ke TPA Waibron agak menanjak, ditakutkan kalau musim hujan, jalan licin dan kendaraan tidak bisa sampai ke tujuan,” ujarnya.

Dia menjelaskan di TPA ada beberapa titik perlu peningkatan untuk proses pembuangan sampah berjalan baik.

“Pemerintah melakukan uji coba ini untuk memastikan bahwa proses pembuangan sampah dari Sentani ke TPA Waibron tidak menemukan hambatan atau kendala,” katanya.

Dia menambahkan alternatif kedua yakni jalur pembuangan tidak melewati Distrik Sentani Barat melainkan melewati pinggiran danau, meski jaraknya lebih jauh tetapi aman.

“Kebijakan ke depan seperti apa, kita menunggu uji coba besok (Kamis) untuk langkah apa yang harus diambil yang aman, efektif serta efisien,” ujarnya.




 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024