Jayapura (ANTARA) - Ketua KPU Papua Pegunungan Theodorus Kossay mengatakan saat ini sebanyak 40.950 kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) siap melaksanakan tugas di seluruh Papua Pegunungan untuk pemilihan umum (pemilu) 2024.
 
"Para KPPS itu sudah dilantik dan saat ini ada yang masih mengikuti bimbingan teknis (bimtek)," kata Ketua KPU Papua Pegunungan Theodorus Kossay yang dihubungi dari Jayapura, Selasa.

Dia mengatakan sebanyak 49.950 KPPS itu akan bertugas di 5.850 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di delapan kabupaten yang masuk di wilayah Provinsi Papua Pegunungan.
 
"Di setiap TPS terdapat tujuh orang petugas KPPS," ujarnya.
 
Dia mengatakan proses perekrutan anggota KPPS memang sempat mengalami kendala, namun setelah diturunkan persyaratannya maka jumlah KKPS itu bisa terpenuhi .
 
Terkait pendistribusian logistik pemilu, Theodorus mengatakan akan dilakukan pengiriman mulai H-6 pemilu, khususnya kepada wilayah yang rawan cuaca karena dampaknya akan mempengaruhi pelaksanaan pemungutan suara nanti.
 
"Untuk meminimalisir terjadinya gangguan akibat cuaca maka logistik mulai disalurkan H-6 sehingga bila ada kendala dapat cepat dicari solusinya," ujarnya.
 
Dia mengatakan sebagian besar pengiriman logistik pemilu di wilayah Papua Pegunungan akan menggunakan pesawat.
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024