Kabupaten Asmat (ANTARA) - Logistik Pemilu 14 Februari 2024 untuk distrik terluar di Kabupaten Asmat, Papua Selatan mulai didistribusikan Komisi Pemilihan Umum setempat (KPU)

"Dari Dermaga Feri pendistribusian logistik ke distrik terluar bisa memakan waktu hingga dua hari lewat laut Arafura," kata Ketua KPU Asmat Aloysia Hahare di Agats, Sabtu.

Aloysia mengatakan distrik terjauh dan terluar  Distrik Safan dan Kopay berbatasan dengan Kabupaten Mappi.

"Ini tantangannya cukup besar karena harus berhadapan dengan gelombang tinggi, angin kencang hingga cuaca tak menentu," katanya 

Tidak hanya itu, pendistribusian logistik juga harus pertimbangkan pasang naik dan pasang surut karena kapal hanya bisa berlayar menyusuri sungai sebelum masuk ke laut lepas apabila pasang surut.

"Setelah tiba distrik terluar petugas menyalurkan ke kampung-kampung," kata Aloysia.

Seharusnya, lanjut Aloysia, distribusi sudah dimulai Jumat malam namun terkendala angin kencang, gelombang tinggi dan cuaca tak menentu KPU memutuskan tunda Sabtu pagi.

Ketua KPU menyebut,  terdapat dua gelombang distribusi logistik yakni daerah pemilihan (dapil) empat distrik yakni Safan dan Kopay, Pantai Kasuari, Der Koumur serta Distrik Aswi.

Pada Sabtu sore, distribusi logistik ke dapil dua Distrik Unir Sirau, Suru-Suru, Sawa Erma, Joerat serta Distrik Pulau Tiga. Sementara dapil satu dan tiga Minggu (11/2) terdapat 29 17 TPS di Distrik Safan dan 12 TPS Distrik Kopay.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU Asmat mulai distribusikan logistik ke distrik terluar

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024