Sentani (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura, Papua menyatakan pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 yang berlangsung di 568 Tempat Pemungutan Suara (TPS) daerah setempat berlangsung sukses.

“Kabupaten Jayapura memiliki 568 TPS dan proses pencoblosan kemarin sangat aman dan lancar karena masyarakat begitu antusias mengikuti pemilihan presiden-wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten,” katanKomisioner KPU Kabupaten Jayapura Lodik Yeuise Mayfrendi Ap di Sentani, Kamis

Sebanyak 568 TPS tersebar di 139 kampung dan lima kelurahan di Kabupaten Jayapura dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 134.568 pemilih

Lodik Yeuise mengatakan sampai saat ini kondisi baik  maupun setelah pencoblosan.

Menurut  Lodik, kesadaran masyarakat menyalurkan hak politiknya tidak terlepas dari peran KPU dalam sosialisasi untuk tidak golput atau tidak memberikan hak politik.

“Satu suara masyarakat itu akan menentukan arah kebijakan pemerintahan ini ke depan seperti apa, sehingga datang ke TPS adalah langkah penting untuk menuju ke pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Dia menjelaskan setelah pencoblosan maka surat suara dan logistik Pemilu lainnya kemudian akan diangkut menggunakan truk untuk kembali ke gudang penyimpanan KPU Kabupaten Jayapura di Puspenka Hawai Sentani.

“Proses pergeseran atau pendistribusian logistik ke TPS maupun kembalinya akan dikawal oleh anggota Polres Jayapura dan TNI,” katanya.

Dia menambahkan terciptanya kondisi Kamtibmas yang kondusif juga karena dukungan pihak keamanan TNI-Polri dan kesadaran masyarakat yang semakin baik.

“Kami berharap kondisi ini terus terpelihara baik hingga pemilihan kepala daerah (Pilkada) supaya semua tahapannya dapat berlangsung dengan aman,” ujarnya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024