Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jayapura Kota memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) aman di wilayah Perbatasan Skouw RI-Papua Nugini(PNG) pasca-pencoblosan pada Rabu (14/2) 2024.

Wilayah Perbatasan Skouw RI-PNG berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 260 pemilih.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Viktor D Mackbon melalui Kapolsub Sektor Skouw Perbatasan RI-PNG Ipda Alexander Yarisetouw di Kota Jayapura, Rabu mengatakan aktivitas masyarakat di wilayah perbatasan sudah kembali normal.

“Setelah masyarakat mengikuti pencoblosan pada Rabu maka kemarin dan Jumat aktivitas perekonomian sudah kembali seperti biasa,” katanya.

Menurut Ipda Alexander, situasi pasca-pencoblosan di wilayah Perbatasan Skouw RI-PNG, kondisi Kamtibmas aman kondusif sampai selesai.

“Saya dapat sampaikan bahwa sebelum dan saat pencoblosan kondisi Kamtibmas di wilayah Perbatasan Skouw aman, serta semua tahapan berlangsung dengan lancar,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada saat perhitungan suara masih berlangsung hingga pukul 23.30 WIT dengan situasi yang tidak memungkinkan karena kurangnya pencahayaan maka pihaknya bersama KPPS dan pihak pengawas mengawal logistik Pemilu ke gedung sekretariat PPD di GOR Koya Timur.

“Anggota PAM mengawal kotak surat suara hingga tiba dengan aman di Gedung Sekretariat PPD GOR Koya Timur bersama KPPS dan pengawas pukul 24.00 WIT, selanjutnya perhitungan suara dilanjutkan di Gedung Sekretariat PPD GOR Koya Timur dari Kamis hingga hari ini (Jumat),” ujarnya.

Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Wilayah Perbatasan Skouw RI-PNG dan Kampung Mosso yakni dua TPS yang digunakan masyarakat perbatasan menyalurkan hak politiknya pada Rabu (14/2) 2024.
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024