Biak (ANTARA) - Bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) bagi lembaga satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Biak Numfor, Papua pada 2025 akan langsung ditransfer ke rekening satuan pendidikan sekolah setempat.

"Satuan pendidikan PAUD yang sudah tervalidasi dalam data pokok pendidikan (Dapodik) akan menerima dana BOP PAUD tahun 2024," ujar Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Endang Suhendi di Biak, Minggu.

Ia mengatakan, untuk masing masing satuan pendidikan tidak sama besarnya penerimaan dana BOP.

Karena besarnya penerimaan dana BOP, lanjut dia, disesuaikan dengan jumlah siswa yang terdaftar dalam Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi.

Sebelumnya,Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Biak Kamaruddin S.Pd menegaskan, dana  bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP) dan BOP PAUD yang disalurkan Kemendikbudristek langsung ditransfer ke rekening sekolah bersangkutan.

Selain itu untuk masing masing satuan pendidikan yang menerima dana BOSP, menurut Kamaruddin, tidak sama atau berbeda besarannya.

"Karena jumlah penerima dana BOSP dan BOP dihitung berdasarkan jumlah siswa yang telah tervalidasi terdaftar di Dapodik Kemendikbudristek," kata Kamaruddin.

Ditegaskan Kamaruddin, pihak sekolah yang mendapat dana BOSP untuk memanfaatkan dengan baik karena sangat menunjang kebutuhan kegiatan proses belajar mengajar siswa di sekolah.

"Sedangkan pihak sekolah berwenang penuh menggunakan dana BOSP sesuai dengan peraturan dan kebutuhan sekolah bersangkutan," harapnya.

Berdasarkan data Kabupaten Biak Numfor pada 2024 alokasi dana BOSP sebesar Rp55,9 miliar untuk 256 satuan pendidikan.

Sedangkan dana BOP PAUD tahun 2024 Kabupaten Biak Numfor Kabupaten Biak Numfor sebesar Rp2,1 miliar

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024