Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi setempat memfasilitasi para pencari kerja di Kota Jayapura melalui kegiatan "job fair" atau bursa kerja yang digelar halaman Kantor Gubernur Papua di Jayapura, Selasa.

Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun di Jayapura, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam rangka menurunkan angka pengangguran di wilayah setempat.

“Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional atau K3,” katanya.

Ridwan berharap masyarakat setempat dapat memanfaatkan bursa kerja itu untuk mendapatkan pekerjaan.

“Ini juga upaya kami dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem yang menjadi program prioritas,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Koperasi Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen mengatakan pada bursa kerja ini pihaknya melibatkan 23 perusahaan baik swasta maupun badan usaha milik negara (BUMN).

“Kegiatan tersebut kami selenggarakan selama sehari untuk itu diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan baik ini,” katanya.

Sementara itu Statistisi Ahli Madya Fungsi Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Sugiyanto  mengatakan persentase penduduk miskin pada September 2022 sebesar 26,80 persen di mana terjadi peningkatan 0,24 persen poin terhadap Maret 2022 namun menurun 0,58 persen poin terhadap September 2021.

“Jumlah penduduk miskin pada September 2022 sebanyak 936,32 ribu orang, meningkat 14,20 ribu orang terhadap Maret 2022, namun menurun 8,17 ribu orang terhadap September 2021,” katanya.

Selain kegiatan bursa kerja, ada juga pameran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta pemberian Penghargaan Zero Accident bertempat di halaman Kantor Gubernur Papua pada Selasa ini.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024