Jayapura (ANTARA) - Polresta Jayapura Kota, Papua meningkatkan keamanan saat pelaksanaan salat tarawih berjamaah dengan menempatkan personel di berbagai masjid di daerah itu, selain menurunkan anggota waktu makan sahur, terutama saat dini hari.

"Saat sahur memang ada sedikit gangguan keamanan terutama warga yang mengendarai kendaraan sehingga semua itu diminimalisir," kata Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Mackbon di Jayapura, Minggu.

Menurut Mackbon, hal tersebut dilakukan supaya selama pelaksanaan salat tarawih dan saat makan sahur berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan.

"Kami juga akan melakukan operasi Ketupat Cartenz seminggu sebelum Hari raya Idul Fitri namun menunggu arahan dari Mabes Polri," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar senantiasa menjaga situasi tetap kondusif selama bulan puasa.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada warga karena telah menciptakan suasana yang aman selama pelaksanaan pemilu serentak 2024 hingga tahapan rekapitulasi suara," katanya.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan, pihaknya mengimbau kepada umat beragama di daerah ini tetap menjaga kerukunan selama bulan suci Ramadhan.

"Kota Jayapura merupakan rumah kami bersama sehingga harus dijaga dengan merawat kebersamaan antar umat beragama," katanya.

Dia menambahkan, ke depan diharapkan semua umat juga menjaga hubungan persaudaraan dengan terus berbagi sehingga tetap berada dalam satu kesatuan sesuai motto Kota Jayapura, yakni satu hati membangun kota untuk kemuliaan Tuhan.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024