Sentani (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura kolaborasi meningkatkan sistem terintegrasi pelayanan administrasi kependudukan dengan rumah sakit (Sitanduk Rusa) pada 2024.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan antara Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura Herald J Berhitu dan Kepala Dinkes Kabupaten Jayapura Khairul Lie yang disaksikan oleh Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura Herald J Berhitu di Sentani, Selasa, mengatakan perkembangan layanan kependudukan terus berkembang dari waktu ke waktu, begitu pula dengan yang akan dilakukan pihaknya.

“Kami berharap kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan kependudukan antara Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari dan Disdukcapil dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat usai melahirkan,” katanya,

Menurut Herald, setiap ibu yang usai melahirkan di RSUD Yowari maka secara otomatis anaknya langsung memperoleh dokumen kependudukan seperti Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran.

“Jadi orang tua tidak perlu repot lagi untuk mengurus dokumen kependudukan ke Kantor Disdukcapil karena setelah melahirkan langsung rumah sakit mengeluarkan dokumen kependudukan itu kepada anak yang baru dilahirkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan orang tua hanya menyiapkan nama lengkap untuk bayi yang baru dilahirkan, maka petugas rumah sakit langsung memasukkan data-data tersebut ke dalam Sitanduk Rusa yang terkoneksi dengan data base Disdukcapil.

“Peningkatan layanan kependudukan terus berinovasi dalam rangka memudahkan masyarakat Kabupaten Jayapura dalam membuat dokumen kependudukan yang mungkin selama ini terasa berat dan lama prosesnya,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie menyambut baik kerja sama antara pihaknya bersama Disdukcapil dalam rangka peningkatan pelayanan aplikasi Sitanduk Rusa.

“Ini merupakan langkah besar yang diambil oleh Kepala Disdukcapil dalam memudahkan masyarakat memperoleh dokumen kependudukan di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Dia menambahkan semoga kerja sama itu dan langkah positif yang telah dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Jayapura terus bertahan dan bahkan mampu membuat inovasi lainnya di tahun mendatang.*


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024