Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengharapkan lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang baru dapat melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan baik.

Kelima komisioner KPU Kabupaten Jayapura yang baru dilantik periode 2024-2029, yakni Efra J Tunya, Muhammad Muzni Farawowan, Cholis S Fakoubun, Dirani PR Dewi dan Marice Leoni Suebu pada Minggu (24/3) 2024 oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan kepada kelima komisioner KPU supaya dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan perundang-undangan dan selalu membangun komunikasi dengan pemerintah daerah.

"Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan ucapan selamat kepada lima komisioner KPU Kabupaten Jayapura yang baru dilantik," katanya.

Menurut Penjabat Bupati, semoga amanah ini bisa dilaksanakan dengan baik, karena diketahui tugas dan tanggung jawab tidak mudah sebagai penyelenggara dalam pelaksanaan Pilkada di November 2024 mendatang.

“Kami berharap tiga dari komisioner KPU adalah orang baru sehingga diharapkan segera bisa secepatnya menyesuaikan dan memulai melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada Kabupaten Jayapura nanti," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap pada tahapan Pilkada hingga pelaksanaannya nanti bisa bekerja sebaik-baiknya untuk tetap menjaga netralitas serta keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang baik di daerah ini.

"Dan, kami juga harapkan bapak-ibu bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, sehingga Kabupaten Jayapura menjadi kondusif dan hasilnya juga sesuai dengan harapan masyarakat Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan komisioner KPU yang baru untuk secepatnya berkoordinasi dengan pemerintah daerah juga melakukan koordinasi dengan TNI/Polri dan juga pihak pengawas pemilu (Bawaslu).

“Itu hal yang diperlukan segera mungkin, sementara untuk dukungan penganggaran pelaksanaan Pilkada Kabupaten Jayapura 2024 selama ini tidak ada masalah," ujarnya.

Lima komisioner KPU Kabupaten Jayapura yang baru dilantik, tiga orang merupakan wajah baru, kecuali Efra J Tunya dan Marice Leoni Suebu sebagai komisioner KPU periode 2019-2024, serta Efra J Tunya akhirnya dipercaya dan dipilih sebagai Ketua KPU Kabupaten Jayapura.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024