Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua, sedang menyiapkan peningkatan status Puskesmas Biak Kota menuju akreditasi paripurna pada 2024.

"Ada beberapa Puskesmas yang 2024 sudah kami siapkan akan naik status akreditasinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Daud Nathaniel Duwiri di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan hingga 2024 di Kabupaten Biak Numfor terdapat 21 Puskesmas yang sebagian telah terakreditasi.

Ia mengatakan salah satu Puskesmas Biak Kota yang bisa ditingkatkan statusnya menjadi akreditasi paripurna.

"Saat ini Pemkab Biak Numfor melalui dukungan dana Otsus Papua bidang kesehatan sudah melengkapi fasilitas sarana prasarana gedung Puskesmas Biak Kota.

"Harapan pihak Dinkes kepada manajemen Puskesmas Biak Kota dapat menyiapkan kelengkapan administrasi sehingga bisa terwujud pencapaian akreditasi paripurna," katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Biak Kota Zeth Msen mengatakan, fasilitas sarana prasarana kesehatan yang telah dibangun Pemkab Biak Numfor untuk Puskesmas Biak Kota.

Diakuinya, adanya pembangunan gedung baru Puskesmas Biak Kota dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan menuju akreditasi paripurna.

Zeth menyebut, Puskesmas Biak Kota berada di pusat jantung kota Biak dengan memiliki enam tenaga dokter, 80 petugas medis dan 13 jenis layanan kesehatan masyarakat untuk 26 kampung.

"Untuk tingkat kunjungan pasien yang berobat rawat jalan ke Puskesmas Biak Kota mencapai sebanyak 100 hingga 200 warga setiap hari," katanya.

Pada tahun 2024 Dinkes Biak Numfor sudah meresmikan enam gedung baru, salah satunya Puskesmas Biak Kota yang dibangun dengan dana otonomi khusus Papua tahun 2023 mencapai Rp8 miliar lebih.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024