Jayapura (ANTARA) - Perusahaan Umum Damri Cabang Jayapura bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarmi, Papua menyiapkan 22 bus gratis untuk melayani pengangkutan masyarakat melalui Program Mudik Gratis Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

General Manager Perum Damri cabang Jayapura Supriyadi di Jayapura, Jumat, mengatakan program yang diberikan ini merupakan subsidi dari Pemerintah Kabupaten Sarmi untuk itu diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan program tersebut.

“Untuk Program Mudik Gratis ini sudah dua kali dilakukan oleh Pemkab Sarmi pertama pada mudik Natal dan Tahun Baru 2024, kini pada Lebaran yang mana untuk meringankan beban masyarakat yang pulang kampung,” katanya.

Menurut Supriyadi, mudik lebaran 2024 pihaknya menyediakan 22 bus akan melayani trayek Sami hingga ke Kota Jayapura, dengan syarat masyarakat cukup membawa KTP sebagai tanda bahwa benar-benar orang Kota Ombak (Nama lain dari Kabupaten Sarmi).

“Jadi pelayanan mudik gratis ini dimulai dari 4 hingga 13 April 2024 dengan jadwal keberangkatan dua kali, yakni pada pagi hari sebanyak dua unit dan malam hari empat unit,” ujarnya.

Dia menjelaskan jika masyarakat yang bukan berKTP Sarmi maka dikenakan biaya sebesar Rp135 ribu sekali jalan dan pada hari pertama pihaknya melihat animo masyarakat belum masih kurang namun baru akan terlihat pada H- 3 perayaan di mana untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat yang ingin mudik bisa dilakukan sebelum 13 April.

“Pada Natal dan Tahun Baru 2024 kami jumlah penumpang yang memanfaatkan program tersebut sebanyak 4.000 penumpang, untuk itu Damri berharap banyak juga masyarakat yang memanfaatkan program dari Pemkab Sarmi ini.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap dengan adanya program ini bisa meringankan beban masyarakat yang ingin mudik khususnya di bidang transportasi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024