Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura memastikan arus mudik hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 di wilayah hukumnya berlangsung aman dan lancar.

Kepala Kepolisian Resor Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani, Sabtu mengatakan tujuan arus mudik di daerah ini biasanya masyarakat yang ingin berangkat dengan menggunakan pesawat ke luar Papua maupun sebaliknya.

“Selain arus mudik di Bandara Sentani, masyarakat juga biasa yang bekerja atau kuliah di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura akan pulang ke rumah orang tuanya di Nimbokrang, Namblong, Karya Bumi Besum, Taja, Lere,” katanya.

Menurut Kapolres, telah beroperasinya lima pos pengamanan Lebaran dapat membantu masyarakat yang akan melakukan mudik ke kampung halamannya di wilayah ini.

“Masyarakat kami harapkan tidak perlu sungkan ketika mendapatkan hambatan di perjalanan untuk segera meminta bantuan ke aparat kepolisian yang sedang bertugas di pos-pos pengamanan,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain pos pengamanan Lebaran dengan 50 personel yang siaga, pihaknya juga telah menginstruksikan kepada polsek jajaran untuk membantu masyarakat yang melakukan mudik.

“Arus mudik sudah mulai dilakukan pada hari ini (Sabtu) hingga puncaknya H-1 atau Selasa 9 April, karena edaran libur pun telah dimulai pada Senin 8 April 2024,” katanya.

Dia menambahkan untuk masyarakat yang akan mudik menggunakan pesawat, ketika mendapatkan masalah bisa meminta bantuan di pos pengamanan yang ada di Bandara Sentani.

“Polisi akan bertugas 2x24 jam untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melakukan mudik Lebaran 2024,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024