Jayapura (ANTARA) - Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura, Papua menyiagakan sebanyak 80 personel untuk melaksanakan siaga khusus selama momentum libur Lebaran 1445 Hijriah.

Kepala Kantor SAR Jayapura Melkianus Kotta di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya akan dibantu anggota dari TNI-Polri dan instansi terkait termasuk juga Pramuka Kota Jayapura dalam pelaksanaan siaga khusus guna memberikan rasa nyaman bagi masyarakat terkhusus selam libur dan cuti bersama Lebaran.

"Total personel TNI dan Polri yang disiagakan untuk membantu kami dalam kegiatan tersebut sekitar 325 orang," katanya.

Menurut Melkianus, pihaknya juga menyediakan tiga posko yang berada di Kantor SAR Jayapura, Bandara Sentani dan di kawasan Pantai Holtekamp, Distrik Muara Tami.

"Ada dua lokasi yang menjadi atensi kami melakukan pengawasan yakni di Pantai Holtekamp guna mengawasi pemudik yang menggunakan jalur laut tetapi juga untuk destinasi wisata di daerah itu," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura yang merupakan posko gabungan sehingga pihaknya akan melakukan koordinasi bersama PT Angkasa Pura I Bandara Sentani.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran baik yang ke Papua maupun keluar Papua agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrem.

"Khususnya bagi pemudik yang menggunakan jalur transportasi laut agar senantiasa waspada terhadap keselamatan dirinya sendiri maupun orang lain, keselamatan adalah hal yang utama," katanya lagi.

 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024