Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti Pos Komando Taktis menggelar patroli gabungan untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

Perwira Hukum Yonif 122/TS Letda Inf Chk Muhammad Rizky Royhan dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan patroli gabungan tersebut bertujuan untuk menciptakan stabilitas keamanan di kawasan perbatasan khususnya di wilayah Arso Dua.

"Dalam patroli gabungan TNI-Polri itu kami menertibkan warga yang melaksanakan aktivitas di wilayah jalan raya guna mengantisipasi gangguan keamanan," katanya.

Menurut Royhan, pihak melakukan penyisiran di beberapa titik di sepanjang jalan lintas Arso Dua untuk memastikan situasi tetap kondusif selama perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Di mana jika ada warga yang melintas makan kami melakukan pemeriksaan begitu juga dengan tempat persinggahan di sepanjang jalan itu," ujarnya.

Dia menjelaskan seperti penekanan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Mayor Inf Diki Apriyadi bahwa tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti selain menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG dengan mengedepankan bidang pengamanan tetapi juga melaksanakan pemeriksaan jalan lintas.

"Dan patroli patok serta patroli jalur perlintasan ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyeludupan barang terlarang seperti narkoba," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar turut serta menciptakan situasi yang kondusif selama perayaan Idul Fitri 1445 H di Kabupaten Keerom.

 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024