Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota Jayapura di Provinsi Papua merasakan keberadaan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sangat vital sebagai motor penggerak perubahan dalam masyarakat di daerah setempat.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi saat membuka Jambore Kader PKK di halaman Kantor Distrik Muara Tami, Kamis mengatakan salah satu aspek penting yang perlu ditekankan dalam kegiatan ini ialah menguatkan kapasitas para kader untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.

"Sehingga para kader dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam memajukan kesejahteraan keluarga," katanya.

Menurut Awi, melalui kegiatan tersebut juga pihaknya berharap para kader PKK dapat meningkatkan kemampuan dalam merancang dan melaksanakan program yang berdampak positif bagi keluarga di Kota Jayapura.

Dia menjelaskan melalui jambore kader PKK diharapkan pula akan tercipta momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat dan pendidikan yang berkualitas di kalangan keluarga.

Ketua TP PKK Kota Jayapura Maria Yuvita Gobay Pekey mengatakan kegiatan kegiatan tersebut sebagai ajang untuk menunjukkan pemberdayaan diri sebagai seorang perempuan yang hebat di Kota Jayapura dengan mengimplementasikan 10 program PKK.

"Karena perempuan adalah pelopor perubahan untuk itu harus bisa bergerak, maju, berdiri dan tidak diam di tempat tetapi melangkah ke depan untuk melakukan perubahan yang lebih besar," katanya.

Dia menjelaskan pelaksanaan jambore PKK akan berlangsung pada 24-27 April 2024 di halaman Kantor Distrik Muara Tami yang diikuti sebanyak 145 kader dari lima distrik di wilayah itu dan melombakan 11 mata lomba.

"Selain itu ada juga kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI Kota Jayapura Distrik Mura, Border Tour ke perbatasan RI- PNG yang dilaksanakan pada Jumat 26 April 2024," ujarnya.

Dia menambahkan kemudian dilanjutkan dengan malam api unggun yang diisi dengan pentas seni dari masing-masing distrik yang berlangsung Jumat 26 April dilanjutkan dengan aksi penanaman 150 bibit pohon pada Sabtu 27 April di halaman Kantor Distrik Muara Tami.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024