Jakarta (ANTARA) - Mempelai pria melakukan salah satu proses adat pernikahan tradisional Cina Benteng atau Cio Tao di Panongan, Tangerang, Banten. (ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LIN
Satu lagi prestasi dipersembahkan pewarta foto Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Rivan Awal Lingga dengan meraih penghargaan Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2024  kategori foto essay terbaik kategori Art, Culture and Entertainment berjudul Akulturasi Budaya Cio Tao yang Menyatu dalam Sepotong Waktu.

"Saya sangat mengapresiasi anugerah ini, alhamdulillah tahun ini bisa menjadi foto essai terbaik kategori art, culture and entertainment,” kata Rivan Awal Lingga di Jakarta, Jumat.

Rivan mengatakan proses pembuatan foto story tradisi Cio Tao berbasis keyakinan agama Konghucu butuh waktu sekitar dua tahun.

Menurut Rivan, tradisi Cio Tao saat ini hanya dijadikan simbol dan warisan budaya dijaga serta dipertahankan masyarakat China Benteng terlepas dari latar belakang agama yang dianut saat ini biasanya hanya diadakan di rumah nikah atau di gedung karena lebih  simpel.

Foto story jepretan Rivan menampilkan calon mempelai pria lakukan prosesi adat menyantap makanan diatas meja bersama keluarga sebagai keragaman budaya di Indonesia mengakar bertahun-tahun.

Rivan berharap, semoga ke depannya APFI bisa lebih baik lagi dan lebih banyak pewarta foto ANTARA yang mendapatkan penghargaan di ajang bergengsi bagi pewarta foto di Indonesia ini.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pewarta foto ANTARA meraih penghargaan APFI 2024

Pewarta : Wahyu Putro Arinto
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024