Jayapura (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Papua, menyosialisasikan budidaya rumput laut kepada warga di kawasan pesisir daerah setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura Alpius Demena di Sentani, Rabu, mengatakan potensi ekonomi dari pemanfaatan rumput laut sangat besar dan akan memberi hasil yang bagus kalau dikelola dengan baik.

“Kami lihat di daerah pesisir baik itu Distrik Yokari, Depapre, Ravinirara dan Demta kalau dilakukan budidaya rumput laut sangat baik karena dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut Alpius, pihaknya saat ini berkonsentrasi dalam upaya peningkatan pemanfaatan bahari secara berkelanjutan guna membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

“Rumput laut tidak membutuhkan perawatan ekstra sehingga masyarakat sangat mudah membudidayakannya,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga sedang berkomunikasi dengan pembeli dari luar Papua supaya hasil rumput laut masyarakat ini dapat dibeli dengan harga sesuai pasaran.

“Otomatis kalau mereka (perusahaan) membeli akan dikirim atau diekspor ke luar Papua sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun pemerintah daerah mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pengiriman tersebut,” katanya.

Dia menambahkan yang dibutuhkan saat ini ialah dukungan masyarakat dalam hal ini kelompok nelayan yang berfokus ke pembudidayaan rumput laut.

“Rumput laut pasarannya sangat luas di luar Papua, sehingga ini menjadi perhatian kami untuk mengembangkannya dengan dukungan masyarakat Papua wilayah pesisir Jayapura,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024