Merauke (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengharapkan seluruh masyarakat di Tanah Papua dapat menjaga situasi politik tetap sejuk dan damai menjelang penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 27 November 2024..

Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf Amin saat pencanangan pembangunan dan penandatanganan prasasti peletakan batu pertama sentra prasarana Pemprov Papua Selatan di Merauke,Selasa 

"Salah satu agenda penting Pemilu 2024 telah terlaksana. Ke depan, kurang enam bulan lagi, kita menggelar pilkada serentak," pesan Wapres.

Wapres mengajak seluruh masyarakat Papua, khususnya di Papua Selatan, dapat menjaga situasi politik tetap sejuk dan damai sehingga pilkada dapat berjalan lancar serta hasilkan pemimpin berintegritas memajukan Papua Selatan.

Wapres Ma'ruf menyebut, kunjungan kerjanya ke wilayah Papua melihat langsung dan memastikan proses percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Provinsi Papua Selatan, berjalan dengan baik.

"Ini adalah amanah undang-undang bagi negara untuk wajib hadir secara terus menerus mengawal berbagai program pembangunan Papua agar hasilnya dirasakan langsung seluruh warga Papua, termasuk Provinsi Papua Selatan," katanya.

Wapres Ma'ruf mengakui, kebijakan pemekaran Papua agenda strategis pemerintah terus dikawal bersama, baik lintas kementerian/lembaga, pemprov dan kabupaten/kota maupun antar pemangku kepentingan lainnya.

"Untuk mendorong percepatan pembangunan Papua dan kesejahteraan OAP, pemerintah bentuk Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua atau Badan Pengarah Papua (BPP)," katanya.

Melalui BPP, lanjut Wapres, upaya sinkronisasi, harmonisasi, evaluasi, dan koordinasi program pembangunan Papua dapat diperkuat dengan adanya satu perwakilan setiap DOB Papua.

"Kita menyaksikan upaya aktif pemda baru menyediakan rumah besar bagi masyarakat Papua Selatan, dengan lakukan berbagai persiapan kelembagaan pemerintah dan pemantapan langkah strategis membangun Papua Selatan," ucap Wapres.

Sebelumnya, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto mengatakan ada tiga provinsi Tanah Papua rawan gangguan keamanan saat pilkada yaitu Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

"TNI-Polri berupaya antisipasi agar pilkada dapat berlangsung aman dan lancar," kata Hadi di Makodam XVII/Cenderawasih.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres harap masyarakat di Papua jaga situasi kondusif jelang pilkada

Pewarta : Benardy Ferdiansyah
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024