Kabupaten Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, melakukan pemilihan Duta Festival Danau Sentani (FDS) XIV 2024 guna menyampaikan informasi tentang pariwisata daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura Ted Y Mokay di Sentani, Sabtu, mengatakan pemilihan Duta FDS XIV dirasa perlu untuk dapat menyampaikan objek wisata di Kabupaten Jayapura.

"Kami rasa perlu karena pengunjung FDS itu tidak hanya datang dari kalangan masyarakat lokal, tetapi ada juga wisatawan mancanegara maupun nasional sehingga perlu ada duta yang menyampaikan informasi ketika ditanya," katanya.

Menurut Mokay, Duta FDS merupakan putra-putri Papua dari Kabupaten Jayapura yang memahami betul mengenai perkembangan dan objek pariwisata di daerah ini.

"Mereka (duta FDS) harus benar-benar tahu secara detail sehingga pada penyampaian kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara bisa dipahami dan dimengerti sehingga tertarik untuk berkunjung kembali ke Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan kehadiran Duta FDS ini akan membantu Pemerintah Kabupaten Jayapura terutama panitia penyelenggaraan ajang budaya dan seni tersebut.

"Panitia akan menyerahkan semua tanggung jawab penyampaikan informasi kepada duta yang akan dipilih tersebut, sehingga diharapkan penyampaiannya membantu siapa saja yang ingin mengetahui tentang pariwisata atau pun daerah ini secara detail," katanya.

Dia menambahkan proses seleksi sudah berlangsung sejak 5 Mei hingga 20 Mei 2024 dan telah memperoleh enam pasangan yang akan memperebutkan satu tempat.

"Malam puncak atau grand final Duta FDS XIV 2024 akan berlangsung pada 22 Juni 2024, mereka dihadapkan kepada juri yang memberikan materi pengetahuan umum, kepribadian serta budaya dan siapa yang mampu melewatinya menjadi pemenang," ujarnya.

Duta Festival Danau Sentani akan membantu Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata serta seni budaya selama setahun.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024