Sentani (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen meminta warga menciptakan kondisi aman saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Sebagia aparat keamanan kami minta supaya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dapat dijaga bersama-sama menjelang perayaan Idul Adha pada besok hari (17/6))," kata Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani, Minggu.

Menurut Kapolres, toleransi umat beragama tetap dijaga dengan baik guna menciptakan kondisi yang nyaman bagi seluruh masyarakat untuk melakukan aktivitas.

"Kalau keamanan terjaga baik kan siapa saja bisa melaksanakan aktivitas dengan baik dan lancar, sehingga ekonomi masyarakat bisa terus meningkat," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya akan meningkatkan keamanan dengan melakukan patroli pada malam ini (Minggu) supaya masyarakat tidak melakukan tindakan-tindakan melawan hukum.

"Kami akan pusatkan perhatian di wilayah perkotaan dan beberapa tempat yang dianggap rawan kejahatan sehingga diharapkan umat Muslim besok (Senin) dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman," katanya.

Dia mengharapkan adanya dukungan langsung dari tokoh-tokoh adat, pemuda untuk tetap menjaga hubungan toleransi di Kabupaten Jayapura.

"Kabupaten Jayapura merupakan rumah kita bersama dari segala suku bangsa, agama sehingga marilah kita senantiasa menjaganya dari tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri dan orang lain," ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024