Sentani (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengharapkan Festival Danau Sentani menampilkan sesuatu yang baru dan unik guna menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) datang berkunjung.

Festival Danau Sentani XIV resmi ditutup oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Provinsi Papua Yohanes Walilo di Pantai Wisata Khalkote Kampung Asei Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, pada 23 Juni 2024.

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Provinsi Papua Yohanes Walilo di Sentani, Senin, mengatakan berbagai catatan yang mestinya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura agar Festival Danau Sentani banyak dikunjungi para wisatawan setiap tahun, antara lain harus melakukan promosi wisata yang masif dan melibatkan daerah lain atau kota dan kabupaten sekitar.

“Buat sesuatu yang baru, jangan hal yang sama setiap tahun dilakukan sehingga dapat menarik wisatawan mancanegara maupun lokal untuk tertarik melihat secara dekat Festival Danau Sentani di sini," katanya.



Pihaknya berharap untuk menarik kunjungan wisatawan harus dilakukan promosi terhadap potensi kearifan lokal yang ada di Kabupaten Jayapura.

"Pengembangan potensi kearifan lokal menjadi hal utama dalam meningkatkan nilai kebudayaan dan kesenian, sehingga pada pergelaran Festival Danau Sentani mendatang dapat semakin unik kreasi yang ditampilkan," ujarnya.

Dia menjelaskan hal lain yang perlu diperhatikan yaitu pengembangan infrastruktur baik di darat maupun di danau untuk menambah minat wisatawan untuk datang berkunjung ke festival budaya dan seni itu.

"Bangun infrastruktur yang memadai baik jalan di darat maupun di danau, supaya minat wisatawan berkunjung itu dapat meningkat," katanya.



Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan Festival Danau Sentani XIV berlangsung sangat meriah dengan berbagai pertunjukan budaya dan kesenian yang luar bisa.

"Tentunya berbagai catatan telah dikantongi untuk mampu menampilkan Festival Danau Sentani yang lebih meriah dan berkualitas ke depan melalui komunikasi yang dibangun dengan berbagai pihak salah satunya masyarakat adat," ujarnya,

Dia berharap Festival Danau Sentani dapat kembali masuk dalam Program Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pada tahun 2024 berbagai lomba diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana Festival Danau Sentani XIV, salah satunya cipta menu beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA).
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024