Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah memberi pelatihan kompetensi tahap pertama kepada 112 pencari kerja.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Papua Aryoko A.F. Rumaropen di Jayapura, Rabu, mengatakan pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya Pemprov Papua dalam menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kemampuan SDM agar mampu bekerja lebih produktif.
 
"Pelatihan yang diberikan yakni basic office, pengelolaan administrasi perkantoran, pengoperasian produksi, pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, pemeliharaan kendaraan ringan sistem konvensional, dan teknisi AC residential," katanya usai membuka kegiatan di aula Balai Latihan Kerja Provinsi Papua, Rabu.
 
Menurut Aryoko, pelatihan peningkatan produktivitas dilaksanakan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong.
 
"Untuk itu dalam rangka peningkatan aset dan potensi SDM perlu dukungan dari berbagai sektor termasuk instansi pemerintah, oleh sebab itu perlu dilakukan pengelolaan kualitas SDM agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan, melalui penyiapan SDM ini diharapkan masyarakat Papua dapat memiliki kualitas agar dapat bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan, sehingga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.
 
"Oleh sebab itu, dengan memiliki SDM berkualitas dan jumlah tenaga kerja yang besar ke depan Provinsi Papua mampu mendongkrak perekonomian nasional sekaligus menciptakan lapangan kerja," katanya lagi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024