Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk meningkatkan pelayanan kependudukan.

“Kabupaten Jayapura hampir setiap saat ada saja penduduk baru, dan itu harus segera didata dan sekaligus mengurus surat-surat kependudukannya termasuk warga yang belum miliki dokumen kependudukan,” kata Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Rabu.

Menurutnya, langkah yang telah diambil oleh Disdukcapil Kabupaten Jayapura dengan membuat sistem terintegrasi pelayanan administrasi kependudukan dengan rumah sakit dan puskesmas atau "Sitanduk Rusa Emas".

“Ini menurut kami sangat bagus karena dapat membantu masyarakat memperoleh pelayanan dokumen kependudukan tanpa harus mendatangi kantor Disdukcapil,” ujarnya.

Dia menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi petugas di lapangan seperti tidak adanya jaringan internet, kurangnya minat masyarakat mengurus dokumen kependudukan harus bisa diatasi.

“Kami berharap pelayanan kependudukan bisa dirasakan oleh semua masyarakat baik di daerah kota maupun perkampungan supaya mereka miliki dokumen kependudukan,” katanya.

Dia menambahkan daerah yang tidak memiliki jaringan internet supaya petugas Disdukcapil bisa langsung mendatangi ke tempat itu untuk meningkatkan pelayanan kependudukan secara prima.

“Sesuai informasi masih banyak masyarakat Kabupaten Jayapura yang belum miliki dokumen kependudukan seperti E-KTP, akta kelahiran, kartu keluarga supaya bisa segera diatasi oleh Disdukcapil sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024