Jayapura (ANTARA) - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti yang berada di bawah Kolakopsrem 172/PWY, Pos Ampas memperketat pemeriksaan kendaraan di Jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena tepatnya di Kampung Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Pos Ampas Letda inf Togu Nasib Panjaitan dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Jumat, mengatakan memperketat pemeriksaan kendaraan yang melintas di jalur tersebut sebagai upaya membantu pemerintah daerah setempat dalam mencegah peredaran minuman beralkohol.

"Sehingga kami melakukan razia kendaraan secara rutin, baik kendaraan baik roda dua maupun roda empat," ucapnya.

Menurut Panjaitan, dalam kegiatan ini setiap anggota terus memberikan imbauan kepada masyarakat yang melintas agar turut serta menjaga keamanan dan ketertiban dengan menghindari barang-barang yang dapat merugikan diri sendiri terutama narkoba dan minuman beralkohol.

Dia menjelaskan apalagi menjelang pilkada sehingga pihaknya gencar melakukan razia sebagai bentuk komitmen Satgas Pamtas RI-PNG dalam memberikan keamanan bagi warga di kawasan perbatasan.

"Jika ada pelintas yang gerak gerik mencurigakan maka kami langsung melakukan pemeriksaan terhadap semua barang bawaan," ujarnya.

Dia menambahkan seperti penekanan Dansatgas Letkol Inf Diki Apriyadi bahwa tugas pokok Satgas Yonif 122/TS ialah menjaga keutuhan wilayah perbatasan RI-PNG yang mengedepankan bidang pengamanan dengan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas, patroli patok dan patroli jalur perlintasan ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyelundupan.

"Tujuan pemeriksaan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan berlangsung November 2024," tegasnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024