Jayapura (ANTARA) - Tokoh Adat Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengimbau seluruh masyarakat adat setempat, untuk menghindari isu-isu provokatif menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Kepala Suku Kamoro Marianus Maknaipeku di Timika, Rabu, mengatakan dirinya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aksi atau gerakan tambahan yang akan berdampak pada keamanan dan ketertiban umum.

"Terkhusus bagi masyarakat Kampung Kapiraya, Distrik Mimika Barat Tengah dan sekitarnya agar tidak melakukan gerakan tambahan, yang akan menyusahkan masyarakat sekitar," katanya.

Menurut Marianus, saat ini masyarakat Mimika sedang menyongsong pemilihan kepala daerah, baik gubernur maupun bupati sehingga wajib untuk bersama-sama menjaga situasi daerah ini tetap aman dan kondusif.

"Harap tenang dan jangan membuat gerakan-gerakan yang akan menyusahkan diri kita sendiri, kita ikuti proses ini hingga mendapatkan bupati definitif," ujarnya.

Dia menjelaskan dirinya juga mengimbau bagi masyarakat Kampung Wakia, Distrik Mimika Barat Tengah untuk beraktivitas seperti biasa, persoalan tambang ilegal dan tapal batas diserahkan penuh kepada pemerintah daerah dan aparat keamanan.

"Saya mengimbau bagi masyarakat Wakia dan sekitarnya untuk mencari makan seperti biasa, kita serahkan persoalan ini sepenuhnya ke Pemerintah Kabupaten Mimika dan aparat keamanan yang ada," katanya lagi.

Dia menambahkan dirinya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mimika terkhusus di Kampung Kapiraya dan Wakia untuk tetap tenang dan jaga situasi tetap tenang.

"Mari sama-sama kita jaga situasi di Mimika tetap tenang, aman dan damai menjelang pilkada sampai mendapatkan bupati definitif," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024