Jayapura (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong mengajak penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) dalam hal ini Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk ikut bersama mengawasi terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat.
 
“Terkait netralitas ASN secara terus menerus diingatkan berbagai kesempatan oleh karena itu kami mengajak Bawaslu untuk bersama memperketat pengawasan pada lingkungan Pemprov Papua,” katanya di Jayapura, Rabu (18/9).
 
Menurut Ramses, untuk itu pihaknya meminta agar ASN terus tetap bekerja secara profesional dan ikut mensukseskan program strategis nasional.
 
“Kami juga meminta ASN untuk tetap bekerja secara Profesional dalam melaksanakan tugas Pokok dan fungsinya,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan oleh sebab itu pihaknya selalu memastikan ASN Pemprov Papua hingga kini masih tegak lurus pada aturan yang berlaku, khususnya terkait dalam hal netralitas, namun hal itu dibutuhkan kerja sama dengan semua pihak dengan begitu bersama-sama mensukseskan Pilkada serentak.
 
“Pesta demokrasi lima tahun sekali ini sangat penting dilakukan untuk dibutuhkan kerja sama oleh semua pihak termasuk ASN agar menghasilkan pemimpin yang lebih baik,” katanya.
 
Sementara itu, Ketua Bawaslu Republik Indonesia Rahmat Bagja mengatakan pihaknya mengajak para kepala daerah untuk menjaga netralitas aparatur sipil negara saat Pilkada 2024 sudah memasuki tahapan penetapan pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah, mengingatkan banyaknya calon dari kepala daerah.
 
“22 September nanti akan ada penetapan calon kepala daerah, dan hal inilah yang kemudian membuat kami harus berpikir dan bekerja keras agar netralitas ASN dapat kita jaga secara bersama-sama,” kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (17/9).
 
Berdasarkan indeks kerawanan pilkada yang dirilis Bawaslu, kata Bagja, isu netralitas ASN merupakan isu ketiga yang rawan pada masa pilkada, karena itu pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi nasional bersama yang khusus mengantisipasi pelanggaran ASN.

Sekadar, diketahui, Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong menghadiri Koordinasi Nasional Kepala Daerah guna menjaga Netralitas ASN pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan Bawaslu Republik Indonesia, di Jakarta, Selasa (17/9)

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024