Biak (ANTARA) - Penjabat Bupati Biak, Papua, Sofia Bonsapia meminta organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat meningkatkan serapan anggaran pada triwulan IV 2024 guna menggerakkan perekonomian daerah.

"Peningkatan serapan anggaran pemerintah daerah dapat berdampak terhadap daya beli masyarakat dan pelaku usaha," kata Sofia Bonsapia di Biak, Selasa.

Ia mengharapkan setiap kuasa pengguna anggaran di OPD agar lebih mengoptimalkan penyerapan anggaran fisik dan nonfisik sampai akhir tahun anggaran 2024.

"Terutama pada tiga bulan terakhir yakni Oktober, November dan Desember untuk memasuki penghujung tahun anggaran 2024," ujarnya.

Ia mengaku jika serapan anggaran tidak cepat direalisasikan akan memengaruhi penyaluran dana pemerintah pada berbagai kegiatan program pembangunan daerah.

Dia mengajak pimpinan OPD di lingkungan pemda setempat agar terus bersinergi dalam meningkatkan serapan anggaran pemerintah hingga tiga bulan ke depan.

Sementara pada Oktober 2024, lanjut Bupati Sofia, Pemkab Biak Numfor sedang menyiapkan materi perubahan APBD 2024 untuk diajukan ke DPRD guna mendapatkan persetujuan dan pengesahan.

"Saya minta organisasi perangkat daerah terkait bersama-sama menyiapkan rancangan perubahan APBD 2024," katanya.

Berdasarkan data Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah realisasi pendapatan daerah hingga 31 Juli 2024 sebesar Rp754 miliar dari target Rp1,4 triliun.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024