Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mendorong penguatan nilai Pancasila bagi generasi muda Papua.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jayapura Abdul Hamid Toffir di Sentani, Senin mengatakan generasi muda harus ditanamkan nilai-nilai luhur Pancasila.

“Anak-anak muda di sekolah, perguruan tinggi harusnya terus ditanamkan nilai Pancasila untuk membentengi diri dari paham komunis maupun paham-paham lainnya,” katanya.

Menurut Toffir, Indonesia merupakan bangsa berdaulat dengan landasan negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Kemajuan bangsa Indonesia yang begitu pesat maka pemahaman terhadap landasan negara harus diperkuat dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Dia menjelaskan generasi muda seharusnya sejak di sekolah dasar (SD) harus ditanamkan nilai-nilai Pancasila yang kuat sehingga mereka tidak terpengaruh terhadap ideologi apapun.

“Sekolah juga harus memberikan kesempatan melalui mata pelajaran pendidikan Pancasila yang besar supaya nilai-nilai itu benar-benar tertanam di dalam jiwa,” katanya.

Dia mendorong dinas pendidikan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila di sekolah mulai SD-SMA/SMK supaya tidak kecolongan terhadap ideologi lain.

“Kekuatan ideologi bangsa harus dibangun dari dalam diri setiap warga negara sejak dini supaya paham komunis, liberal, maupun lainnya bisa dikendalikan dengan baik,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024