Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa meminta pelayanan kesehatan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Yowari ditingkatkan.

“Pemeriksaan jantung dan CT Scan yang sudah tersedia bisa dioptimalkan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura,” kata Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Senin.

RSUD Yowari atau rumah sakit utama Kabupaten Jayapura yang sebelumnya belum memiliki pemeriksaan jantung dan CT Scan, tetapi pertengahan tahun ini sudah dimiliki.

Menurut Penjabat Bupati, kalau bisa semua pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di RSUD Yowari sehingga tidak perlu dirujuk ke rumah sakit di luar Kabupaten Jayapura.

“Kami pikir dengan potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di dinas kesehatan dan rumah sakit pasti pelayanan kesehatan pasti terus meningkat,” ujarnya.

Dia mengharapkan dinas kesehatan supaya lebih optimal lagi mengkoordinasikan segala sesuatu untuk kebutuhan pelayanan di RSUD Yowari.

“Ada kendala di lapangan supaya rumah sakit sebagai UPTD dinas kesehatan dapat saling berkoordinasi dalam rangka peningkatan pelayanan di RSUD Yowari,” katanya.

Dia menambahkan pelayanan dasar di RSUD Yowari harus lebih dioptimalkan sehingga tingkat kesembuhan kepada masyarakat bisa lebih optimal.

“Manajemen diatur baik supaya masyarakat yang hendak datang berobat baik itu pengobatan berjalan maupun rawat inap bisa terlayani sehingga tidak ada keluhan dari mereka,” ujarnya.*

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024