Jayapura (ANTARA) -
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui kantor unit vertikal di Papua seperti DJPb, DJKN, DJBC, DJP, KPP, KPPN, KPKNL, dan GKN Jayapura mengajar 1.460 siswa dari tiga sekolah di Kota Jayapura terkait dengan peran penting penggunaan anggaran pendapat dan belanja negara (APBN).
 
Koordinator Kementerian Keuangan Jayapura Rahadian Setyo Noegroho di Jayapura, Selasa, mengatakan ketiga sekolah tersebut, yakni SD YPK 2 Sion DOK VII, SMA Negeri 2 Jayapura, dan SMA Negeri 5 Jayapura.
 
"Tujuan utama program ini untuk membangkitkan kesadaran generasi muda akan peran penting APBN dalam mendukung kemajuan tanah Papua," katanya.
 
Dia mengatakan 1.460 siswa terdiri atas 911 siswa SMAN 2 Jayapura, 333 siswa SMAN 5 Jayapura, dan 216 siswa SD YPK 2 Sion DOK VIII, sedangkan jumlah relawan pengajar dari Kemenkeu Papua 130 orang terdiri atas panitia daerah, relawan pengajar, dan relawan dokumentator.
 
"Program Kemenkeu mengajar ke sembilan ini merupakan kegiatan serentak yang mana dilakukan di seluruh Indonesia," ujarnya
 
Pada kegiatan mengajar, pihaknya memberikan metode pengenalan APBN di mana pengajaran tersebut telah disesuaikan dengan jenjang sekolah.
 
"Pengajaran tersebut kami juga menggunakan alat peraga dan permainan sehingga sangat menarik dengan begitu para siswa dapat tertarik mengenal APBN," katanya.
 
Dia menilai para siswa antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut apalagi ada interaksi yang terjalin dengan pengajar.
 
"Kami berharap dengan kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi kepada generasi penerus bangsa untuk lebih peduli terhadap keuangan negara serta mengetahui proses pembiayaan negara terutama untuk pendidikan khususnya di Papua," ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024